Proses Pembelajaran Inovatif
Pembelajaran inovatif, aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan adalah salah satu metode pembelajaran berbasis lingkungan. Metode ini mampu melibatkan siswa secara langsung dengan berbagai pengenalan terhadap lingkungan. Pada proses ini guru dan siswa saling memberikan pengetahuan tentang bagaimana hasil belajarnya bagi siswa dan proses pembelajaran ini mengtamakan kreativitas siswa. Secara garis besar, dapat digambarkan sebagai berikut:
- Siswa langsung terlibat ke dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan pengetahuan mereka dengan menekankan pada belajar melalui praktik.
- Guru dituntut menggunakan alat bantu dan berbagai cara dalam membangkitkan semangat, termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan dan cocok bagi siswa.
- Guru harus bisa mengatur kelas dengan berbagai variasi seperti memajang buku-buku dan bahan ajar yang lebih menarik dan menyediakan alat-alat pembelajaran.
- Guru menerapkan tentang cara mengajar yang lebih koopertif dan interaktif, termasuk cara belajar kelompok dengan berbagai suasana.
- Guru mendorong, memberikan motivasi siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam pemecahan masalah, untuk mengungkapkan gagasannya, dan melibatkan siswa dalam menciptakan lingkungan belajarnya.
Fase | Jenis Kegiatan |
Kemampuan Guru | Kegiatan Mengajar |
Guru merancang dan mengelola KBM yang mendorong siswa berperan aktif dalam pembelajaran | Guru melaksanakan KBM dalam kegiatan yang beragam misalnya:
|
Guru menggunakan alat bantu dan sumber yang beragam | Sesuai mata pelajaran, guru menggunakan, misalnya:
|
Guru memberi kesempatan kepada siswa mengembangkan ketrampilannya | Lingkungan siswa:
|
Guru memberi kesempatan kepada siswa mengungkapkan gagasannya sendiri sacara lisan atau tulisan | Melalui:
|
Guru menyesuaikan bahan dan kegiatan belajar dengan kemampuan siswa | Siswa dikelompokan sesuai dengan kemampuan (untuk kegiatan tertentu) bahan pelajaran disesuaikan dengan kemampuan kelompok tersebut. siswa diberikan tugas perbaikan atau pengayaan |
Guru mengaitkan KBM dengan pengalaman siswa sehari-hari | Siswa menceritakan atau memanfaatkan pengalamannya sendiri. siswa menerapkan hal yang dipelajari dalam kegiatan sehari-hari |
Menilai KBM dan kemajuan belajar siswa secara terus-menerus | Guru memantau kerja siswa. guru memberikan umpan balik |
Sumber: http://dedi26.blogspot.com
No comments:
Post a Comment